0

Wawancara paling Absurd abad ini

Posted by Rinaldi Adiputra on Sabtu, April 21, 2012
Kali ini gue bakal nyeritain tentang pengalaman gue sekitar beberapa minggu yang lalu.

Waktu itu gue masih inget harinya yaitu sabtu malem, atau yang biasa disebut sama anak gaul, malem minggu. Gak kayak anak gaul lainnya yang harusnya nongkrong di mall sama temen dan pacarnya sambil ngobrol - ngobrol tentang "dunia ini kejam", "kapan aku mati", "kira-kira naruto menang gak ya lawan sasuke ?". Gue lebih milih istirahat dengan  tenang di rumah, gak ada hal lain yang bisa gue lakuin di rumah selain nonton yusra & Yumna di TV. Waktu itu gue cuma sendiri di rumah, dan waktu jam menunjukkan pukul 9 ada suara aneh yang biasanya gak pernah gue denger, gue coba lari ke kamar suara itu masih kedengeran, gue lari ke dapur suara itu masih kedengeran, sampe gue lari ke hati gue yang kosong suara itu juga masih kedengeran. Dan ternyata itu bunyi perut gue sendiri. yak bener, gue laper.

Gue pun balik lagi ke dapur dan ternyata cuma ada rawon yang gue gak tau itu udah bau atau nggak. Gue pun memutuskan untuk nggak makan rawon itu karena gue gak pingin besok di koran ada Headline tentang "Pemuda Ganteng tewas dirumahnya setelah memakan rawon yang udah busuk selama 3 tahun". Satu - satunya makanan yang masih ada yaitu nasi putih di magic jar, gak elit juga kalo itu gue makan gak pake lauk. Berhubung gue lagi males masak mi instan gue pun memutuskan untuk cari makan di luar. Gue pun naik sepeda motor vario gue dengan kecepatan yang cukup cepat yaitu 0 km/h. Secara speedo meternya lagi rusak jadi gak jalan. #kemudianhening

Akhirnya gue sampe juga ke warung nasi goreng deket rumah gue, gue pesen 1 nasi goreng dan gue bayar dulu yaitu 5rb. Sambil nunggu nasi goreng gue dimasak, gue ngeliat ada bapak - bapak tukang becak lagi baca majalah rolling stone sambil duduk diatas becaknya menunggu pelanggan. Bapak itu mirip banget sama adam levine, cuma bedanya bapak itu agak iteman sama agak jelek, yang mirip cuma brewoknya aja. Gue pun berpikir, dijaman sekarang mungkin udah waktunya kalau semua orang jadi gaul. Buat yang belom tau rolling stone itu majalah yang ngebahas tentang musik di Indonesia dan mancanegara. Lalu gue kepikiran sesuatu yang sampe sekarang masih gue sesali. Berhubung gue bawa bulpen sama buku yang gue taruh di jok sepeda motor, gue jadi kepikiran buat iseng - iseng ngewawancarain bapak yang keliatan gaul itu, itulah yang gue sesali.

Wawancara berawal dengan segenap keberanian gue, pertanyaan yang apa adanya di pikiran gue, dan ngaku - ngakunya gue sebagai wartawan dari sebuah majalah lokal di surabaya, setelah melalui proses editing dan sensor, wawancara waktu itu kira - kira seperti ini:

Rinaldi: Permisi pak, Saya Rinaldi dari majalah **** bisa minta waktunya sebentar buat wawancara tentang kehidupan anak muda jaman sekarang pak ?
Bapaknya: Oh, boleh aja mas
Rinaldi: Sebelumya namanya siapa ya pak ?
Bapaknya: Oh, nama saya Eric

(Gue pun berpikiran kalo bapak ini masih punya hubungan saudara sama Eric Clapton, lumayan kan kalo misalnya ada tugas bahasa Indonesia tentang wawancara, gue bisa pamer - pamer dikit kalo gue pernah wawancarain saudaranya eric clapton.)

Rinaldi : Oh menurut bapak, sifat anak muda jaman sekarang itu kayak gimana ya ?
Pak Eric : (Sengaja diganti biar keliatan keren) Ya gitulah mas
Rinaldi : Gitu gimana maksudnya pak ?
Pak Eric: Yaa, anak muda jaman sekarang ini kalo pacaran suka seenaknya, nanti tau - tau pulang udah bawa anak. Kalo udah gitu nanti kan kasian orang tuanya, udah bayarin sekolah mahal - mahal, eh ternyata anaknya malah MBA.
Rinaldi: Oh, gitu ya pak

(Gue mikir ternyata feeling gue bener, ternyata bapak ini kritis dan enak diajak omong.)

Rinaldi: Kalo lifestyle anak muda sekarang itu menurut bapak gimana ya pak ?
Pak Eric: Laifstel itu apa ya mas ? hehehe

(Feeling gue udah mulai gak enak.)

Rinaldi: Lifestyle itu gaya hidup pak
Pak Eric: Oh, gaya hidup to. Iya mas emang anak jaman sekarang ini gaya - gaya semua, kakean model. Mentang - mentang bisa naik mobil kalo ketemu tukang becak, main ngebel - ngebel ae mas. Pernah waktu itu saya lagi tiduran diatas becak, eh malah di klakson sampe aku kebangun mas. (Bahasa aslinya saat wawancara adalah jawa medok, sengaja gue translate biar kalian gak bingung apa yang sedang terjadi)
Rinaldi: Bukan, itu pak. Maksud saya...
Pak Eric: (memotong) Iya Mas, apalagi kalo udah jam 12 malem keatas, biasanya suka ngebut2 an  dijalan mas terus *bla* *bla* *bla* *bla*
Rinaldi: Oh gitu (Gue pun pasrah), kalo selera musik anak muda jaman sekarang menurut bapak itu kayak gimana ya pak ?
Pak Eric: Wah kalo itu yang saya gak suka mas, biasanya musiknya gak jelas jedup - jedup, ajep - ajep gitu mas. Mendingan kalo saya biasanya dengerin Trio macan sama Ayu Ting - ting mas, enak buat joget

(Gue pun pengen minum baygon waktu itu)

Rinaldi: Oh, kalo pergaulan bebas sendiri dimata bapak seperti apa sih ?
Pak Eric: Ya, itu yang bagus mas, kalo bergaul itu harus bebas, kalo terlalu tertutup nanti orangnya jadi kaku kayak tetangga saya itu mas, si Toni.

(Gue pun heran, dipertanyaan pertama dia ngerti MBA, tapi kenapa pergaulan bebas aja jawabnya ngawur gini)

Rinaldi: Terus tadi saya liat bapak baca majalah rolling stone ya pak, menurut bapak musisi muda Indonesia yang punya skill bagus siapa pak ?
Pak Eric: Oh, majalah yang tadi to. Itu saya nemuin di warung sebelah, iseng - iseng aja liat soalnya ceweknya cantik - cantik di majalahnya hehe. Kalo musisi ya jelas ayu ting - ting to mas, sikille apik. (Sikil = Kaki).

(Bunuh aku pak, bunuh aku !!!)

Karena gue sungkan, mau ninggalin pak Eric gitu aja setelah gue sakit hati dengan ke random an beliau, gue pun memutuskan menanyakan beberapa pertanyaan lagi.

Rinaldi: Oh, tapi bapak udah baca sedikit majalah tadi kan pak ? Menurut bapak mana artikel yang paling bagus pak ?
Pak Eric: Oh, saya cuma liat gambarnya aja kok mas, saya aja dulu gak sekolah jadi sampe sekarang gak bisa baca hehehe

Dengan perasaan ingin gantung diri di tugu pahlawan, gue pun melanjutkan pertanyaan terakhir

Rinaldi: Bapak tahu galau kan pak ? itu loh yang biasanya dialami anak muda jaman sekarang, dikit - dikit galau, ada apa - apa galau.
Pak Eric: Oh, kalo itu saya tau mas. Anak muda jaman sekarang emang kebangetan, barusan putus sama pacarnya terus galau, nilai jelek terus galau.

(Gue pun mulai bersyukur, setidaknya pertanyaan terakhir gue ini jawabannya gak ngelantur, tetapi....)

Pak Eric: ... Saya waktu itu juga pernah ngeliat anak lagi galau di rumah pacarnya terus ditangkep polisi
Rinaldi: Masa iya sih pak ? Galau aja sampe ditangkep polisi
Pak Eric: Iyalah mas, masa saya bohong sama mas. Apalagi negara kita ini kan negara hukum jadi kalo minum miras, pake ganja gitu kan gak boleh mas.
Rinaldi: Oh, yaudah. Makasih ya pak

Didalam hati gue mau bilang "ITU NAMANYA SAKAU KAMPRETTT, BUKAN GALAU!!!"

Gue pun nyesel udah wawancarain pak eric tadi, gue pun langsung naik sepeda motor dan pulang ke rumah. Didalam perjalanan gue ngerasa ada hal yang aneh, kayaknya ada yang janggal disini. Gue mikir apa bener Pak Eric tadi beneran saudaranya Eric Clapton. Sesampainya dirumah gue, langsung nyalain TV waktu itu ada filmnya X-men. Sambil nonton X-Men gue mikir - mikir apa ya yang aneh, "kenapa namanya wolverine bukan clawman ?", "kenapa professor X botak ?", "kenapa galau diciptakan ?", ternyata bukan itu yang aneh. Setelah beberapa menit gue mikir gue baru inget. Kamprettt, tadi nasi goreng udah gue bayar, tapi belom gue ambil. Setelah gue mikir - mikir males juga mbalik kesana, ntar ketemu pak Eric lagi. Akhirnya semaleman gue tergeletak di kasur tak berdaya, kayak korban tsunami yang gak dapet bala bantuan 3 abad. Itu semua karena gue wawancarain pak Eric dan gak ada hasilnya.

Satu pesen moral dari gue: DON'T JUDGE PEOPLE FROM THEIR COVER".



0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 CERITA MAHASISWA TULEN All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.